Resep Masakan Indonesia: Sambal Pete

Resep Masakan Indonesia: Sambal Pete - Hari ini admin menemui sebuah postingan di akun google plus yang membahas mengenai cara membuat sambal pete. Nah karena admin juga merupakan salah satu yang doyan pete, jadi kefikiran juga jadinya buat bikin tulisan tentang cara bikin sambal pete tersebut di blog Olah Warta. Kebanyakan dari para pembaca semua tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan pete yang memiliki rasa yang cukup khas, terlebih lagi dengan aromanya, hehehe.
cara membuat sambal pete
Sambal Pete
Selain dijadikan sebagai sambal, pete biasanya juga dijadikan sebagai lalapan, bisa juga ditambahkan pada nasi goreng dan lain sebagainya. Namun tentu saja buat yang doyan pete ya, kalo yang ga doyan ya tentu saja ga bakal mau, karena tidak sedikit juga orang yang tidak suka dengan pete baik karena rasanya maupun aromanya. Nah bagi anda yang suka dengan pete namun belum tau cara membuat sambal pete, berikut dapat anda simak cara membuatnya yang admin salin dari: https://plus.google.com/115619254133901024233/posts/Cie2qw4JN83

Cara Membuat Sambal Pete

Bahan – Bahan :

- Petai 2 papan
- Cabai merah keriting 20 biji
- Bawang merah 5 butir
- Bawang putih 3 siung
- Tomat 1 buah
- Irisan gula merah 1 ½  sendok teh
- Terasi 1 ½  sendok teh
- Garam 1 ½ sendok teh
- Minyak untuk menggoreng 4 sendok makan


Cara Membuat Sambal Pete :

- Haluskan / uleg bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, terasi, gula merah, dan garam.
- Bila telah lembut kemudian panaskan minyak, lalu goreng sampai harum.
- Masukan semua petai, campurkan dengan sambal dan goreng hingga petai layu.
- Angkat. Taruh di sebuah tempat dan siap untuk disajikan.


Nah diatas tadi adalah bahan dan cara membuat sambal pete yang dapat anda coba dirumah. Jika anda menginginkan agar aroma pete tidak terlalu menusuk, anda bisa merebus/menggoreng pete terlebih dahulu dengan waktu yang agak lama dengan api kompor yang tidak terlalu besar. Proses pemasakan pete yang lama akan mampu mengurangi ketajaman aroma pete tersebut. Nah demikianlah tadi informasi mengenai cara membuat sambal pete yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat bagi para pengunjung semua terutama yang sedang ingin membuat sambal pete.